Selamat Datang di Website SD Islam Ummina, Cerdas dan Berakhlak

Kegiatan Khataman, Istighosah, dan Tahlil Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Jum'at, 08 Maret 2024

Khataman Al Qur'an
Kegiatan Khataman, Istighosah, dan Tahlil yang diselenggarakan oleh SD Islam Ummina merupakan bagian penting dari persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. Dengan memadukan aspek keagamaan dan kebersamaan, kegiatan ini menjadi momen berharga bagi siswa, guru, dan seluruh komunitas sekolah.

Pertama, Khataman Al-Qur'an adalah upacara penghormatan terhadap penyelesaian pembacaan Al-Qur'an oleh para siswa. Mereka yang telah menyelesaikan membaca Al-Qur'an dari awal hingga akhir dipersilakan untuk membacakan ayat terakhir dan mengakhiri dengan doa bersama. Khataman ini memupuk kecintaan dan kecakapan siswa dalam memahami serta menghafal ayat-ayat suci Al-Qur'an.

Pembacaan Istighosah
Kedua, Istighosah adalah kegiatan spiritual yang bertujuan untuk memperkuat hubungan individu dengan Allah SWT. Dalam Istighosah, para siswa dan guru berkumpul untuk berdoa bersama, memohon ampunan, serta meminta perlindungan dan petunjuk dari Allah SWT. Hal ini menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan kesalahan dan memperbaiki diri menjelang bulan suci Ramadhan.

Ketiga, Tahlil adalah penghormatan kepada para almarhum. Siswa dan guru berkumpul untuk membaca surat-surat pendek dari Al-Qur'an dan doa-doa untuk memohon rahmat dan maghfirah bagi para almarhum. Tahlil juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta meneguhkan rasa persaudaraan dalam komunitas sekolah.

Pembacaan Tahlil
Kegiatan Khataman, Istighosah, dan Tahlil ini bukan hanya sebagai rutinitas ibadah semata, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat ikatan keagamaan, meningkatkan kualitas spiritual, dan mempererat hubungan antarindividu dalam lingkungan SD Islam Ummina. Dengan semangat kebersamaan dan tekad untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, siswa dan guru siap menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh keikhlasan dan kesadaran.

Media: Fendy Adi Saputra (OPS)

---Dokumentasi---






















0 Komentar